Sewa Genset, Solusi Jika Listrik Padam

Alif Aisya – Daya utama yang diperoleh dari jaringan listrik PLN (Perusahaan Listrik Negara) tidak selamanya tersedia setiap saat, terkadang terjadi pemadaman, dikarenakan gangguan dari human error atau bencana alam seperti banjir. Listrik terbagi menjadi 2 kelompok, dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Energi listrik dapat diperbarui di Indonesia seperti gelombang laut, tenaga surya, dan tenaga angin. Sedangkan yang tidak dapat diperbarui seperti energi pembangkit tenaga gas, energi listrik tenaga nuklir, energi listrik tenaga air dan lainnya.

Indonesia masih kerap kali terjadi pemadaman listrik yang dilakukan tanpa pemberitahuan dahulu. Hal tersebut tentunya mengganggu aktifitas. Pada akhirnya, beberapa kelompok masyarakat menggunakan alternatif lain demi usaha yang membutuhkan listrik tersebut tetap berjalan. Alternatif yang banyak dipilih oleh masyarakat adalah menggunakan genset sebagai pengganti arus listrik dari PLN jika terjadi pemadaman. Sampai saat ini, pilihan genset menjadi pengganti listrik sangat cocok. Terutama di daerah ibukota, sewa genset jakarta merupakan sebuah solusi praktis.

Melihat kebutuhan listrik masyarakat dan pemenuhannya oleh negara, memaksimalkan penggunaan energi listrik dengan penggabungan sumber daya listrik dipandang perlu. Oleh karena itu, diperlukan perancangan sebuah pengontrolan listrik secara hybrid. Perancangan ini bertujuan untuk meminimkan pemadaman listrik. Pengontrolan listrik dapat mencakup multiple power supply, baik itu solar cell, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) skala mikro, pembangkit listrik tenaga diesel (genset) kecil, atau sumber energi listrik lainnya.

sewa genset jakarta

Solar panel pengganti genset

Pemasangan teknologi rooftop solar panel juga dianggap dapat menjadi alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah-rumah. Penggunaan teknologi tersebut dapat juga mengurangi tagihan listrik PLN yang digunakan. Selain itu, sistem solar panel adalah salah satu alternatif penggunaan energi listrik yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan emisi udara. Kini, sudah saatnya untuk mulai beralih ke sumber energi yang tidak akan habis ini dengan pasang solar panel di rumah.

Pembangkit listrik ini memanfaatkan renewable energi berasal dari energi matahari atau angin sebagai sumber utama (primer) yang dikombinasikan dengan Diesel Generator sebagai sumber energi cadangan (sekunder). Hal itu terbukti lebih efisien, efektif dan handal untuk dapat mensuplai kebutuhan energi listrik. Baik sebagai kebutuhan peralatan listrik rumah tangga atau kebutuhan industri kecil di daerah tersebut. Dengan adanya kombinasi dari sumber-sumber energi tersebut, penyediaan catu daya listrik dapat kontinyu dengan efisiensi optimal.

Jadi alasan utama mengapa perlu menyediakan genset atau pasang solar panel adalah untuk tetap mendapatkan aliran listrik saat terjadi pemadaman listrik dari PLN. Apalagi untuk menunjang kegiatan sehari-hari yang harus produktif atau keberlangsungan berjalannya usaha yang pada dasarnya semua alat-alat memerlukan sumber listrik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *