Sekilas Tentang Gatal Alergi Dingin yang Perlu Diketahui

Alif Aisya – Pada dasarnya, memang ada beberapa jenis gatal alergi yang bisa saja terjadi karena beberapa hal dan penyebab yang berbeda. Salah satu jenis gatal karena alergi yang cukup sering terjadi adalah alergi dingin. Seperti namanya, alergi dingin ini merupakan reaksi yang terjadi pada kulit dalam kurun waktu beberapa menit setelah Anda terkena paparan dingin, baik air ataupun udara.

Jadi, hal-hal yang dingin tadi bisa menjadi sebab munculnya alergi, terutama untuk Anda yang pada dasarnya memang memiliki kulit yang cenderung lebih sensitif. Nah, saat terjadi alergi dingin tadi, maka akan tumbuh ruam merah pada kulit dan rasanya gatal. Bahkan, terkadang tidak hanya rasa gatal yang muncul tetapi juga rasa menjalar yang sangat menyakitkan.

Perlu diketahui bahwa alergi dingin ini bisa terjadi berbeda-beda pada setiap orang. Ada seseorang yang menderita alergi dingin ini dengan efek biasa dan cenderung ringan. Selain itu, ada pula yang mengalami alergi dingin dengan efek yang cenderung lebih berat, seperti susah bernapas hingga bisa pingsan.

alergi dingin

Seberapa Umum Gangguan Ini Terjadi?

Bisa dikatakan bahwa sebenarnya alergi dingin adalah salah satu penyakit yang umum terjadi di kalangan masyarakat. Namun, dalam banyak kasus, penyakit ini muncul cenderung lebih sering pada orang dewasa dan kemudian akan membaik dalam beberapa tahun.

Tanda dan Gejala Alergi Dingin

Untuk melakukan pencegahan dan penanganan, maka Anda perlu mengetahui tanda serta gejala dari alergi dingin ini. Dengan mengetahui tanda serta gejala yang terjadi, tentu saja penanganan dan pencegahan bisa dilakukan dengan lebih baik sehingga efek yang ditimbulkan tidak terlalu serius.

Adapun tanda dan gejala dari alergi dingin ini adalah sebagai berikut:

1. Gatal dan muncul ruam yang kemerahan

Salah satu tanda serta gejala alergi dingin yang banyak terjadi adalah munculnya ruam yang berwarna kemerahan di kulit yang terasa begitu gatal. Gejala alergi dingin ini termasuk yang cukup susah hilang meskipun Anda yang terkena sudah berpindah ke area yang lebih hangat. Dalam beberapa kasus, ruam bisa bertahan hingga 24 jam atau lebih.

2. Tangan bengkak

Hal lain yang menjadi tanda serta gejala dari alergi dingin yang terjadi adalah tangan membengkak. Ini adalah salah satu tanda yang cukup umum terjadi. Hawa yang terlalu dingin akan membuat tangan yang tadinya normal menjadi lebih bengkak. Dibandingkan dengan paparan udara, tanda ini lebih sering muncul karena air dingin setelah mandi.

Bahkan, dalam kasus yang lebih berat, bagian tubuh yang bengkak tidak hanya pada bagian tangan. Ya, ada beberapa bagian tubuh lainnya, seperti lidah dan tenggorokan yang bengkak sehingga menimbulkan efek lain yang bisa dikatakan lebih parah.

3. Muncul bentol merah

Bentol merah menjadi salah satu tanda dan gejala alergi dingin yang paling sering muncul dan harus senantiasa diwaspadai. Dalam hal ini, bentol merah muncul layaknya biduran dan kondisi ini sangat mengganggu.

Perlu diketahui bahwa paparan dari alergi dingin tersebut akan mengakibatkan sel putih melepaskan histamin ke dalam aliran darah. Nah, pelepasan histamin inilah yang mengakibatkan tubuh memberikan tanggapan dengan memunculkan bentol merah tersebut. Penanganan yang bisa dilakukan untuk mengatasi bentol merah ini adalah dengan kompres es batu.

Nah, demikian beberapa ulasan terkait alergi dingin dan beberapa tanda yang harus Anda ketahui. Tentu, jika gatal alergi dingin ini terjadi, maka Anda harus segera melakukan penanganan. Hubungi dokter jika memang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *