Sandal Gunung : 9 Tips Aman Melakukan Aktivitas Outdoor

Alif Aisya – Sandal gunung menjadi salah satu perlengkapan wajib bagi kamu yang hobi melakukan kegiatan outdoor. Apa lagi jika aktivitas outdoor yang diminati adalah mendaki gunung. Mendaki gunung membutuhkan persiapan dan perlengkapan tertentu. Ini wajar, sebab kondisi di pegunungan tidak sama dengan di dataran rendah sehingga kamu harus menyiapkan kebutuhan sesuai dengan karakter pegunungan.

Sandal ini menjadi salah satu perlengkapan outdoor yang wajib dipakai sebagai pelindung kaki. Daripada menggunakan sepatu, sandal ini lebih efektif digunakan untuk aktivitas outdoor. Ini dikarenakan desainnya yang telah dibuat khusus untuk medan outdoor yang tidak terduga. Lebih banyak medan sulitnya, di mana jalur pendakian didominasi dengan bebatuan.

Untuk melancarkan aktivitas outdoor, kamu harus mempersiapkan dengan benar. Selain harus memakai sandal gunung, kamu juga harus memperhatikan poin lainnya. Tujuannya adalah untuk keselamatan juga. Sekali pun kamu sudah sering melakukan kegiatan outdoor, tetap saja persiapan ini tidak boleh dianggap remeh.

sandal gunung

9 Tips Aman Melakukan Aktivitas Outdoor

Untuk mendapatkan keselamatan dalam melakukan kegiatan outdoor, berikut adalah tips-tips yang bisa kamu terapkan.

  1. Mengenal tempat yang akan kamu datangi

Hal ini penting sebagai pengantar dari kegiatan pendakiankamu. Sepeti misalnya kamu akan mendaki gunung, maka kenali gunung aman yang akan kamu kunjungi. Berapa ketinggiannya dan cari informasi detail tentang pengalaman pada pendaki sebelumnya.

  1. Menjaga kesehatan tubuh sebelum hari H keberangkatan

Kamu harus berolahraga dengan teratur dan makan makanan yang sehat. Banyak minum air putih juga untuk mendapatkan metabolisme tubuh yang lebih bagus.

  1. Membawa perlengkapan yang dibutuhkan

Jangan sampai ada yang ketinggalan. Beberapa yang harus dibawa adalah obat-obatan, pakaian, jaket, senter, makanan instan, air minum, camilan, dan sebagainya.

  1. Membaca keadaan cuaca

Banyak belajar tentang cuaca alam. Ada tanda-tanda yang bisa kamu pelajari, sehingga kamu bisa siap-siap untuk menjaga diri. Ketika cuaca dingin, maka jaket tebal harus kamu pakai. Jika cuaca sedang hujan, maka harus memakaijas hujan atau berteduh dengan mendirikan tenda.

  1. Membawa perlengkapan perawatan wajah

Ini adalah tips aman untuk melindungi wajah dari debu atau kerusakan kulit karena cuaca yang ekstrim di lingkungan terbuka. Jika wajah berminyak dan terasa tebal karena debu akan mengganggu konsentrasi kamu sendiri.

  1. Membawa alas kaki yang lengkap

Dalam hal ini kamu bisa membawa sandal atau sepatu cadangan. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga saat sandal yang kamu pakai rusak. Alas kaki yang disarankan untuk dipakai adalah sandal gunung.

  1. Kenali team kamu

Mengenal siapa saja teman kamu dalam melakukan kegiatan outdoor. Saling menjaga satu sama lain menjadi tips penting demi keamanan kamu.

  1. Membawa sleeping bag

Ini adalah tempat tidur yang paling aman untuk kamu saat melakukan kegiatan outdoor. Saat tertidur, kamu akan aman dari binatang-binatang yang kemungkinan mengganggu.

  1. Memiliki bekal bela diri

Ini adalah cara perlindungan diri yang sangat disarankan. Kamu bisa melakukan latihan bela diri sebagai rangkaian persiapan aktivitas outdoor.

Aktovitas outdoor tidak boleh main-main persiapannya. Ini dikarenakan medan yang akan kamu temui tidak bisa diprediksi. Untuk itulah persiapannya pun juga harus matang. Salah satunya adalah dengan memakai alas kaki khusus kegiatan outdoor, yakni sandal gunung. Pemakaian sandal jenis ini bisa memperlancar perjalanan kamu, karena kaki akan aman. Langkah pun semakin ringan sehingga lebih cepat sampai puncak gunung.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *