Ngabuburit di Rumah Aja? Ini 6 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan!

Alif Aisya – Ngabuburit memang sudah menjadi hal wajib saat menunggu waktu berbuka puasa. Ada berbagai kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu menjelang buka puasa. Kalau biasanya kamu ngabuburit dengan pergi keluar rumah, mencari udara segar atau membeli beraneka takjil buat berbuka puasa. Berhubung saat ini sedang ada anjuran pemerintah untuk self quarantine akibat wabah corona yang sedang merebak di dunia, kini kamu bisa melakukan kegiatan ngabuburit di rumah aja.

Biar gak bosan menunggu waktu menjelang berbuka puasa, kamu bisa mengisi nya dengan melakukan 6 kegiatan seru berikut ini!

1. Memasak untuk Menu Berbuka Puasa

Sumber: pinterest.com

Jika biasanya kamu berencana buka bersama teman di tempat makan atau pergi buat mencari camilan untuk berbuka. Di tengah wabah ini, yuk coba memasak makanan sendiri untuk berbuka bersama keluarga di rumah nanti. Selain dapat menyesuaikan hidangan yang ingin kamu buat, masak sendiri juga akan jauh lebih hemat. Buka puasa di rumah bisa menjadi momen yang pas agar lebih dekat lagi dengan seluruh anggota keluarga.

 2. Memanjakan Diri dengan Perawatan Tubuh

Sumber: pinterest.com

Meski cuma di rumah dan tidak pergi kemana-mana, perawatan diri juga penting lho untuk dilakukan. Karena selain untuk mempercantik diri, kegiatan ini juga bakal membuat tubuh kamu jadi lebih rileks dan segar. Cobalah lakukan perawatan seperti luluran, berendam dengan air hangat dan maskeran wajah. Lumayan kan buat mengisi waktu saat menunggu buka puasa?

 3. Bermain Game Online

Sumber: pinterest.com

Sekarang ini tersedia banyak sekali game online di smartphone, misalnya seperti Mobile Legend dan PUBG Mobile. Hampir semua orang menyukai game online tersebut, baik itu wanita maupun pria. Nah, sembari menanti bedug maghrib di depan TV, kamu dapat mengisi waktu dengan memainkan game online. Sebelum bermain game, pastikan jaringan internet modem XL atau HP kamu lancar ya. Sehingga kegiatan bermain game pun jadi makin seru tanpa ngelag.

 4. Ngabuburit di Rumah dengan Tadarusan

Sumber: pinterest.com

Sambil menunggu waktu berbuka, kamu bisa meluangkan waktu dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat, yakni dengan tadarusan. Selain mengisi waktu berbuka puasa, membaca Al-Qur’an juga bisa menambah pahala di bulan suci Ramadhan. Dengan membaca Al-Quran secara rutin juga akan membuat target kamu buat khatam segera tercapai

5. Nonton Acara Religi

Sumber: pinterest.com

Di bulan suci Ramadhan ini, biasanya banyak acara-acara dan serial religi yang bisa kamu tengok di layar televisi. Nah, selagi menunggu waktu bedug, kamu bisa menonton tayangan religi di televisi atau media streaming seperti Youtube dan Netflix. Menonton acara religi juga bisa menambah wawasan dan ilmu kamu tentang agama.

 6. Bermain Bareng Keluarga

Sumber: pinterest.com

Supaya kamu bisa lebih akrab lagi dengan anggota keluarga di rumah, kamu bisa memanfaatkan kegiatan ngabuburit ini dengan bermain bersama dengan keluarga. Kamu dapat mengajak kakak, adik, atau orang tua kamu buat bermain permainan yang seru seperti board game Heads Up, ludo, monopoli, dan lain sebagainya.  Ciptakanlah momen yang seru bersama keluarga saat menunggu waktu adzan maghrib.

Itulah tadi, kegiatan-kegiatan ngabuburit yang bisa kamu lakukan di rumah selama menunggu waktu untuk berbuka puasa. Melakukan salah satu kegiatan di atas tentunya bisa mengisi waktu kamu agar tidak bosan selama menanti bedug maghrib. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *