Mudahnya Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil, Dengan Menggunakan Tools Popmama

Alif Aisya – Sebagai salah satu media online paling ternama di Indonesia, Popmama pun selalu tampil konsisten dalam menyuguhkan informasi-informasi yang tepat dan akurat. Selain menyajikan artikel yang unik dan menarik, ternyata situs Popmama juga meluncurkan beberapa tools yang dapat menghitung berat badan ideal untuk ibu hamil lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai kalkulator berat badan ibu hamil tersebut, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

mengenai kalkulator berat badan ibu hamil

Cara Perhitungan Kenaikan Berat Badan Melalui BMI (Body Mass Index)

Apabila bunda ingin memastikan tentang kenaikan berat badan saat hamil itu termasuk kedalam kategori ideal, maka bunda bisa menghitungnya melalui metode Body Mass Index alias BMI. Metode tersebut dihitung berdasarkan berat badan (dalam kg) : Kuadrat tinggi badan (dalam satuan meter) -> BMI = BB : TB x TB.

Mengenai contohnya, misalkan saja berat badan bunda itu adalah 60 kg dengan tinggi badan yang mencapai 160 cm. Dengan demikian, maka perhitungan BMI-nya adalah 60: (1,6 m x 1,6 m) = 23,43. Apabila sudah mengetahui angka BMI-nya, maka masing-masing ibu hamil yang ingin mencari tahu berat badan selama kehamilannya bisa menggunakan panduan dari Institute of Medicine (IOM). Hasilnya, bunda pun dapat mengetahui secara spesifik mengenai berat badan yang dimiliki selama kehamilannya termasuk inderweight, normal, atau bahkan overweight?

Jika angkanya menunjukan kurang atau berlebihan, tentu saja bunda harus memperhatikan berat badan kembali karena dapat berdampak negatif pada kesehatan janin dalam kandungannya lho!

Menggunakan Pregnancy Weight Gain Calculator

Pregnancy Weight Gain Calculator ini merupakan salah satu tools terbaru dari Popmama, yang dapat bunda gunakan untuk mengetahui berat badan ideal selama kehamilan. Ketika bunda menggunakan tools tersebut, bunda pun hanya tinggal megisi beberapa kolom yang tersedia, seperti berat badan sebelum hamil sampai memasuki usia kehamilan saat ini.

Sebelum dilakukan perhitungan dan mengetahui kondisi berat badan selama kehamilan, maka bunda juga harus mengisi secara langsung dengan men-ceklis jika sedang hamil bayi kembar atau tidak. Adapun mengenai contoh perhitungan dari Pregnancy Weight Gain Calculator tersebut seperti dibawah ini:

  • Berat badan sebelum hamil = 55 kg
  • Berat badan saat ini = 65 kg
  • Tinggi badan = 170 cm
  • Usia kehamilan 1 minggu dan tidak sedang hamil bayi kembar.

Panduan Menggunakan Pregnancy Weight Gain Calculator

Jika sudah meng-klik tombol hitung, maka bunda pun akan mendapatkan jawaban ketika semua datanya telah diisi seperti -> “Kehamilan bunda saat ini termasuk normal, dengan mempunyai indeks masa tubuh 18.5 kg / m2 sampai dengan 24.9 kg / m2. Bunda disarankan untuk menaikkan berat badan sebesar 11 – 16 kg selama hamil”.

Melalui tools dari Popmama tersebut, tentu saja sangat membantu bunda dalam mengetahui kondisi kehamilan sejauh ini yang tergolong normal atau tidak. Tak hanya itu, terdapat juga keterangan secara detail mengenai indeks masa tubuh sampai saran untuk menaikan atau menurunkan berat badan, sehingga bunda dapat menjaga berat badan agar tetap ideal. Bahkan, bunda pun dapat mendeteksi kenaikan berat badan pada setiap minggunya selama kehamilan, agar kenaikan berat badan bunda tetap terkontrol.

Bagaimana, apakah bunda tertarik untuk mencoba Pregnancy Weight Gain Calculator tersebut?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *