Layanan Vaksinasi di Rumah: Mengenal Tentang Vaksinasi dan Manfaatnya

Alif Aisya – Saat mendengar kata vaksinasi, beberapa orang terkadang menyamakannya dengan imunisasi. Karena memang baik itu vaksin maupun imunisasi sama-sama dimaksudkan sebagai tindakan medis untuk mencegah orang sakit. Namun ternyata pengertian vaksinasi dengan imunisasi adalah dua hal yang berbeda, meskipun sama-sama bertujuan untuk mencegah tubuh dari sakit. Vaksinasi berasal dari kata ‘vacca’ yang berarti sapi. Karena pada awalnya, vaksinasi dilakukan untuk memberikan kekebalan pada sapi yang terkena infeksi oleh virus cacar sapi. Namun kini vaksinasi juga diberikan kepada manusia dengan tujuan memberikan kekebalan pada tubuh. Di zaman seperti sekarang ini, Anda bisa mendapatkan layanan vaksinasi di rumah maupun rumah sakit.

Pada dasarnya, vaksinasi adalah memasukkan zat asing berupa virus dan bakteri yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh. Pada seseorang yang melakukan vaksinasi, nantinya zat antibodi dalam tubuhnya akan bereaksi ketika ada virus dan bakteri yang dilemahkan masuk ke dalam tubuhnya. Seperti yang kita ketahui, zat antibodi merupakan zat kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh, zat antibodi manusia akan bereaksi dengan membentuk kekebalan tubuh guna melawan benda asing tersebut.

vaksin anak

Dengan melakukan vaksinasi, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:

  1. Membantu mencegah penularan penyakit.
  2. Melindungi dari resiko kematian atau mengalami kecacatan karena terbukti mampu menurunkan resiko terkena berbagai penyakit, misalnya dengan pemberian vaksin cacar pada anak-anak akan membantu mencegah dari penyakit cacar di kemudian hari.
  3. Menghemat waktu dan biaya karena terbukti mampu mencegah dan mengurangi angka terkena penyakit, kecacatan, serta kematian akibat suatu penyakit.

Bagi Anda yang memiliki buah hati, cara terbaik untuk melindunginya kesehatannya dan terhindar dari penyakit serius adalah dengan memberikan vaksin anak. Ada beberapa vaksinasi yang wajib diberikan sebagai perlindungan dari berbagai penyakit tertentu, antara lain:

  1. Vaksin hepatitis B, berguna untuk mencegah virus hepatitis B yang bisa menyerang dan merusak hati, serta menjadi penyebab kanker hati.
  2. Vaksin hepatitis A, berguna untuk mencegah dari penyakit radang hati karena virus hepatitis A.
  3. Vaksin polio, berguna untuk mencegah serangan virus polio yang menjadi penyebab kelumpuhan.
  4. Vaksin BCG, berguna untuk mencegah penyakit tuberkulosis paru, kelenjar, tulang, dan radang otak yang bisa menjadi penyebab kecacatan hingga kematian.
  5. Vaksin DPT, berguna untuk mencegah penyakit difteri, tetanus, dan pertussis.
  6. Vaksin campak, berguna untuk mencegah dari penyakit campak yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami radang paru berat (pneumonia), diare, ataupun gangguan otak.
  7. Vaksin Hib dan PCV (pneumokokus), berguna untuk mencegah dari infeksi saluran napas berat (pneumonia) dan meningitis (radang otak).
  8. Vaksin influenza, berguna untuk mencegah dari influenza berat.
  9. Vaksin tifoid, berguna untuk mencegah dari penyakit demam tifoid berat.

Pemberian vaksinasi ini bisa berbeda-beda, ada yang diberikan hanya cukup sekali saja, namun ada juga yang harus diberikan beberapa kali agar terbentuk kekebalan tubuh yang sempurna. Mengingat di masa pandemi corona ini masih sangat rentan untuk membawa anak-anak untuk bepergian, Anda bisa melakukan vaksinasasi di rumah saja. Saat ini ada banyak sekali layanan vaksinasi di rumah, salah satunya dari Aido. Dengan Aido, Anda bisa mendapatkan layanan kesehatan berkualitas hanya dengan mengakses via aplikasinya saja, mulai dari asesmen kesehatan, layanan kesehatan oleh dokter, perawat, dan terapis rehabilitasi yang kompeten.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *