Ikuti Panduan Perencanaan Keuangan Keluarga Setelah Memiliki Anak Ini, Sehingga Keuangan Tetap Stabil 

Alif Aisya – Setiap pasangan yang sudah menikah pastinya berencana untuk memiliki momongan, mengingat bagaimanapun hal ini sangat berhubungan dengan masa depan untuk melanjutkan keturunan. Namun dengan memiliki buah hati nantinya pasti ada banyak hal yang mengalami perubahan, kehidupan menjadi lebih ceria dan juga hangat, kemudian kondisi keuangan juga harus diatur lagi karena memang jumlah tanggungan hidup akan bertambah semakin banyak. Harus tahu perencanaan keuangan keluarga pasca memiliki buah hati.

perencanaan keuangan keluarga

Tentunya ada banyak hal yang nantinya harus diubah setelah memiliki anak, mungkin juga istri yang dulunya adalah wanita karir yang sibuk bekerja selain menjalankan kewajiban sebagai ibu rumah tangga. Maka nantinya harus resign dan juga fokus untuk mengurus buah hati, tentunya pendapatan keluarga juga mengalami penurunan, padahal jumlah tanggungan atau biaya hidup semakin bertambah. Untuk itu mulailah gunakan perencanaan keuangan keluarga berikut ini, yaitu:

  1. Sebisa mungkin jika memiliki hutang harus segera dilunasi terlebih dahulu, selama 9 bulan masa kehamilan sampai dengan melahirkan mungkin ada beberapa tanggungan untuk mempersiapkan kelahiran tersebut. Sebelum jumlah tanggungan bertambah semakin banyak maka segera dilunasi selagi bisa, sehingga tidak akan menganggu kehidupan Anda bersama dengan buah hati kedepannya.
  2. Ubah anggaran bulanan, mulai selektif dalam membuat anggaran bulanan, artinya apa saja jenis kebutuhan yang dirasa tidak begitu penting, maka ada baiknya untuk dicoret, uang tersebut bisa ditabung atau digunakan untuk kebutuhan lain yang sifatnya lebih penting. Apalagi nantinya pasti ada beberapa jenis hal yang masuk sebagai anggaran tambahan, misalnya adalah susu formula dan juga popok bayi.
  3. Menghemat biaya listrik, internet hingga biaya air, ini memang termasuk dalam kebutuhan pokok untuk keluarga, namun jika sebelumnya Anda adalah orang yang boros pada hal-hal semacam ini, maka sebisa mungkin harus mulai mengubah kebiasaan tersebut, dengan cara menghemat pemakaian 3 hal di atas biasanya ada banyak uang yang bisa di save.
  4. Mulai membuat skala prioritas, ini digunakan sebagai acuan, mana agaknya hal-hal yang sifatnya paling penting maka dapat didahulukan, begitu juga dengan hal-hal yang kurang penting maka nantinya bisa ditaruh di prioritas terakhir.
  5. Pikirkan untuk membeli asuransi anak, paling tidak dengan memiliki buah hati kedepannya Anda juga harus menyekolahkan mereka sampai ke jenjang yang paling tinggi, dengan tujuan bisa menggapai cita-citanya dan menjadi orang yang sukses, sehingga mulai dari sekarang maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dana pendidikan mereka, diantaranya adalah dengan mendaftarkan pada produk asuransi pendidikan.

Mungkin akan terasa sulit di awalnya, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa dengan perencanaan keuangan keluarga baru setelah memiliki anak, sehingga keluarga Anda terhindar dari masalah finansial dan selalu bahagia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *