Cara Meracik Shea Butter Sesuai Jenis Kulit

Alif Aisya – Melembapkan kulit di tengah paparan sinar matahari dan udara yang kering tidak hanya dengan memakai body lotion, kini Anda bisa menggunakan body butter yang berasal dari shea butter atau lemak esensial. Dan berikut adalah pilihan bahan untuk body butter yang mudah, murah, dan bisa Anda buat sendiri di rumah sesuai kebutuhan dan jenis kulit Anda.

shea butter

1. Body Butter dari Coklat untuk Kulit Normal dan Kering

Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam cocoa butter atau lemak kakao dapat menghidrasi kulit dengan cepat sehingga akan sangat cocok untuk Anda dengan kulit normal dan kering. Selain itu, cocoa butter juga dapat mengatasi masalah-masalah kulit seperti selulit dan strech mark. Simak cara membuatnya berikut.

Pertama, siapkan panci besar dan panci kecil. Kemudian lelehkan coklat dengan cara mengetim, coklat di panci kecil dan diletakkan di atas panci besar yang telah terisi dengan air mendidih. Langkah selanjutnya campurkan satu cup cocoa butter, setengah cup minyak kelapa, dan setengah cup carrier oil ke dalam panci kecil.

Ada beberapa carrier oil yang bisa Anda gunakan, tetapi Anda hanya perlu menggunakan salah satunya saja. Beberapa carrier oil tersebut seperti minyak almond, jojoba, zaitun, dan minyak biji matahari. Semuanya bagus digunakan sehingga pilih yang mudah didapat.

Kemudian masak hingga butter meleleh dan semua bahan tercampur rata, lalu biarkan body butter dingin pada suhu ruangan dan masukkan ke dalam lemari es hingga memadat. Tahap berikutnya mixer body butter dan tambahkan coklat bubuk untuk menambah khasiat dan aroma. Kocok hingga seperti krim dan simpan dalam wadah yang tertutup.

2. Body Butter Lavender untuk Kulit Berminyak

Body butter dengan minyak esensial lavender ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Cara membuatnya pun sama seperti body butter coklat di atas. Pertama, masukkan tiga per empat shea butter, setengah cup minyak kelapa, dan setengah cup minyak almond ke dalam panci kecil.

Kemudian masak di atas panci besar dengan air mendidih di dalamnya, persis seperti cara mengetim. Selanjutnya Anda bisa aduk hingga butter mencair. Kemudian diamkan hingga dingin pada suhu ruangan lalu masukkan ke dalam lemari es.

Setelah dua jam body butter memadat, kocok dengan mixer selama 10-15 menit hingga memiliki tekstur seperti krim yang lembut. Selama mengocok bahan-bahan tersebut, jangan lupa tambahkan 30 tetes minyak esensial lavender. Minyak ini digunakan untuk menambah aroma body butter.

Tahap terakhir, simpan body butter yang sudah jadi ke dalam wadah. Anda bisa menggunakan wadah yang terbuat dari plastik maupun kaca dan tutup wadah dengan rapat. Jika Anda menyimpan body butter Anda dalam suhu dingin seperti di lemari es, produk Anda akan bisa bertahan hingga dua bulan.

3. Body Butter Buah-buahan untuk Kulit Kombinasi

Buah-buahan yang dimaksud di sini yaitu buah-buahan yang mengandung banyak vitamin untuk menutrisi kulit. Seperti mangga, jeruk, atau lemon yang mengandung vitamin A, E, dan C. Body butter dengan bahan buah-buahan seperti ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi.

Cara membuatnya pun mudah dan hampir sama dengan body butter coklat dan lavender yang telah dijelaskan di atas. Perbedaannya hanya terletak pada penambahan setengah cup mango butter dan minyak esensial yang digunakan adalah minyak esensial mangga, jeruk, atau lemon.

Sangat mudah bukan membuat body butter dari shea butter ala rumahan? Anda dapat membuat body butter yang mudah dan murah namun tetap menyehatkan. Selain itu Anda bisa melakukan perawatan pribadi di rumah dengan produk yang lebih sehat dari produk luar karena Anda membuatnya tanpa pewangi sintetis, tanpa pengawet, dan tanpa pewarna.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *