Cara Mengecek Kondisi Bayi Melalui USG

Alif Aisya – Sebuah teknologi ultrasonografi atau yang sering kita sebut dengan USG, yang dimana sangat membantu dokter kandungan dimana untuk bisa mengetahui kondisi janin dalam kandungan ibu hamil dan kesehatan reproduksi ibu secara mendetail, bagi kalian yang tidak tahu dengan USG, sendiri dalam pengertiannya adalah merupakan Teknik penampilan gambar atau citra dari kondisi bagian dalam tubuh, yang dimana alat ini memanfaatkan sebuah gelombang suara dengan frekuensi yang tinggi untuk bisa mengambil gambar tubuh bagian dalam seperti organ tubuh, atau jaringan lunak. Dengan cara membaca hasil usg dokter bisa melihat dan mendapatkan ketepatan dalam mendiagnosis penyakit, atau dimana kita bisa melihat dan mengidentifikasi penyebab penyakit pada seseorang.

cara membaca hasil usg

Kapan Harus Melakukan USG

Untuk melakukan pemeriksaan USG memang dilakuakan atas rekomedasi dari dokter, tetap kalian juga harus tau, pemeriksaan usg ini juga tidak hanya untuk memeriksa segala hal yang berkaitan dengan kehamilan. Usg juga bisa digunakan untuk mengecek kondisi lainya. Teknologi usg juga terbilang aman untuk dilakukan, karena tidak memancarkan radiasi yang membahayakan, dan pemeriksaan ini dimana merupakan sebuah prosedur yang aman dan tidak memiliki efek samping atau kondisi serius jangka Panjang. Dan memang jika ingin melakukan usg pada kandungan biasanya setiap orang berbeda beda ada yang jalani empat hingga lima kali dan itu semua tergantung pada kondisi kehamilan.

Jenis USG Kehamilan

USG Transvaginal atau TVS

Yang dilakukan dimana sebelum usia kehamilan menginjak sepuluh minggu, dan jika kalian melakukan usg transvegina dimana bisa memberikan gambaran lebih jelas dari sang janin, terutama terjadi pada tahap awal pada kehamilan. Dan TVS sendir dimana itu dilakuan melalu vagina, dan jika kalian memilih TVS untuk melakukan pemeriksaan janin kalian harus mengosongkan kantung kemih dulu karena jika tidak, itu akan membuat bayi tidak terlihat jelas

USG Transabdominal

Untuk melakukan kalian bisa meakukannya pada saat dimana kehamilan telah menginjak umur sepuluh minggu dan seterusnya. Proses usg ini dimana melakukanya menggunakan jel dingin yag diolesi pada perut, lalu menggunakan alat yang bisa digerak-gerakan pada perut bagian luar untuk bisa medapatkan bambar janin dalam perut, untuk USG ini kalian bisa meminum banyak air putih supaya janin akan lebih tinggi dan bisa menapatkan gambar bayi yang lebih baik, dan kalian bisa kenakan baju longgar atas bawah yang dimana jika kalian melakukan prosesnya, tidak perlu lagi melepas pakaian.

Pelaksanaan USG sendiri tidak akan merasakan sakit, pasalnya ini dilakukan diatas perut. Dan jika kalian merasa rieks saja dan membuat otot kalian rileks juga sehingga dapat memudahkan prosesnya . dan pemeriksaan USG pada kehamilan juga ada beberapa Trimester pada kehamilan.

USG di trimester pertama

Yang dimana dokter akan merekomedasikan menjalani USG pertama pada saat kehamilan kalian menginjak umur enam minggu dengan USG transvaginal yang memeang sering dianjurkan pada tahap awal ini, yang memang untuk mengetahui bagai mana perkembangan janin didalam perut dalam tahap awal.

USG di Trimester Kedua

Untuk tahap kedua sendiri dimana normanya untuk mengetahui dan memastikan organ dan kondisi bayi baik-baik saja , dan selama pemeriksaan dokter akan mengukur bayi, untuk melihat perkembangan bayi tumbuh dengan baik yang sesuai dengan perkiraan paa tahap perkembangan bayi.

USG di trimester Tiga

Ini merupakan tahap yang cukup bisa menentukan keadaan bayi dengan keadaan baik-baik, yang dimana bisa melihat pergerakan bayi, kondisi bayi, posisi bayi. Dan pada kondisi ini kita bisa mentukan bayi yang sedang dikandung berkembang dengan baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *