Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini Ala SehatQ.com

Alif Aisya – Kanker payudara adalah salah satu gangguan kesehatan yang sangat serius dan bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara tepat. Oleh karenanya, pencegahan kanker payudara sejak dini menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Nah, SehatQ.com telah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan.

Perlu diketahui bahwa kanker payudara sebenarnya tidak hanya menyerang wanita saja. Laki-laki pun memiliki risiko terkena gangguan kesehatan ini. Oleh karena itu, pencegahan dari kanker payudara harus dilakukan oleh siapa saja, terutama bagi mereka yang sudah memiliki potensi.

Lantas, bagaimana tips untuk melakukan pencegahan kanker payudara sejak dini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Mencegah Kanker Payudara

Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Berbincang tentang kanker payudara, ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan sejak dini dengan cukup mudah. Apabila tindakan pencegahan ini dilakukan dengan tepat, bukan tidak mungkin masalah kanker tidak akan terjadi dan Anda akan senantiasa sehat.

Adapun beberapa tips untuk mencegah kanker payudara sejak dini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjaga berat badan tetap ideal

Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara sejak dini adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal. Perlu diketahui bahwa mereka yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan, terutama yang cukup ekstrem, memiliki risiko terkena kanker payudara yang lebih besar.

Oleh karenanya, Anda sebaiknya berusaha untuk menjaga berat badan ideal Anda. Nah, dalam hal ini, mencari menu diet yang tepat sesuai dengan aktivitas dan kondisi badan Anda menjadi salah satu hal yang cukup penting.

2. Olahraga yang cukup

Olahraga adalah aktivitas menyehatkan yang cukup penting untuk dilakukan. Dengan berolahraga, maka kondisi tubuh akan senantiasa lebih sehat dan bukan tidak mungkin kanker payudara akan bisa dicegah sejak dini.

Perlu diketahui, olahraga yang dilakukan akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga daya tahan tubuh akan menjadi lebih baik. Dalam hal ini, Anda sebaiknya berolahraga secara teratur meskipun hanya 30 menit saja. Bahkan, Anda pun sebenarnya tidak perlu melakukan menu olahraga yang berat.

3. Hindari merokok

Sebagaimana disinggung sebelumnya, pria juga memiliki risiko terkena kanker payudara. Risiko tersebut akan cenderung lebih besar untuk pria yang memiliki kebiasaan merokok. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung pada rokok bisa memicu berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Oleh karenanya, untuk melakukan pencegahan pada kanker payudara sejak dini, berhenti merokok adalah salah satu hal yang cukup penting untuk dilakukan. Jika Anda masih merokok, cobalah temukan cara untuk berhenti merokok yang tepat. Selain bebas dari kanker, kesehatan Anda secara umum pun bisa membaik.

4. Menyusui anak

Khusus bagi wanita, pasca mereka melahirkan, menyusui adalah hal yang harus dilakukan. Selain memang sebagai cara untuk memberikan ASI, menyusui adalah salah satu langkah yang cukup efektif untuk mencegah kanker payudara. Seorang ibu yang aktif menyusui setidaknya 1 tahun untuk anaknya, memiliki risiko kanker payudara yang sangat rendah.

Nah, beberapa tips di atas bisa menjadi langkah tepat untuk mencegah kanker payudara sejak dini baik bagi wanita dan pria. Dengan pencegahan sejak dini, risiko terkena kanker payudara pun tentu saja akan bisa diatasi dengan lebih maksimal dan Anda akan cenderung lebih sehat.

Anda bisa mendapatkan informasi lain seputar kesehatan di menu tindakan medis yang disediakan oleh SehatQ.com. Klik di sini untuk informasi yang lengkap tersebut. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *