Cara Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat, Bagaimana Harusnya?

Alif Aisya – Apa pun akan dilakukan untuk melindungi barang berharga yang dimiliki, salah satunya mobil. Ssalah satunya adalah memberikan perlindungan maksimal dengan mendaftarkannya kepada asuransi kendaraan. Namun semakin banyaknya jasa asuransi yang menawarkan, membuat Anda bingung dalam memilihnya. Lantas bagaimana cara yang tepat agar tidak salah memilih?

asuransi kendaraan

Cari Tahu Detail Setiap Produk

Sebelum memutuskan untuk beli asuransi mobil, terlebih dahulu Anda harus mencari tahu secara detail informasi tentang produk tersebut. Mulai dari tanggungan yang ditawarkan, biaya yang harus diberikan, termasuk bantuan apa saja yang nantinya Anda dapatkan ketika memilih produk tersebut.  

Secara garis besar, perusahaan asuransi memang menawarkan produk yang terlihat sama. Namun jika Anda perhatikan lebih lanjut, tentu terdapat berbagai macam perbedaan sebagai nilai plus dari masing-masing produk tersebut. Jika informasi kurang jelas, tanyakan secara langsung agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di kemudian hari.

Sesuaikan Budget dan Kebutuhan

Untuk perlindungan sebuah mobil dengan harga mobil yang mahal tentu berbeda dengan perlindungan yang Anda berikan kepada koleksi mobil dengan harga yang cukup mahal. Hal ini pun bisa menjadi pertimbangan layanan seperti apa yang Anda inginkan sebagai proteksi yang tepat untuk masing-masing kendaraan.

Kemampuan Anda dalam membayar premi pun harus diperhatikan agar kondisi keuangan tetap stabil. Jangan karena ingin mendapatkan perlindungan mobil yang sempurna Anda jadi mengorbankan kebutuhan lain yang tak kalah penting.

Secara umum, terdapat dua jenis perlindungan yang bisa Anda pilih, yakni asuransi All Risk atau Comprehensive dengan Total Loss Only atau TLO. Untuk jenis All Risk, Anda akan mendapatkan tunjangan ketika terjadi kerusakan kecil atau pun besar pada kendaraan Anda. Sementara TLO hanya memberikan perlindungan jika kerusakan di atas 75%.

Perlindungan Tambahan

Walaupun sama-sama menawarkan perlindungan yang menjanjikan, namun di sini terdapat perbedaan berupa perlindungan tambahan yang bisa Anda dapatkan untuk sebuah produk. Contohnya layanan mobil pengganti untuk beraktivitas ketika mobil Anda dalam masa perbaikan hingga bantuan untuk mengurus hukum jika terjadi kecelakaan dengan melibatkan orang.

Perhatikan Syarat dan Proses

Syarat pendaftaran serta proses yang ditempuh juga bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk beli asuransi mobil. Sehingga Anda bisa menghindar dari perusahaan yang menerapkan syarat administrasi berbelit-belit. Terutama untuk proses layanan yang sudah tertera dalam premis.

Di samping itu, Anda juga perlu mempertimbangkan proses pendaftaran secara online yang diterapkannya. Apakah kemanan dan prosedur yang ditempuh dapat dipercaya atau hanya akan semakin membuat Anda repot.

Perhatikan apakah memungkinkan di kemudian hari Anda mengubah jenis produk karena merasa membutuhkan perlindungan lebih. Hal ini penting untuk Nada ketahui untuk meyakinkan diri Anda bahwa jasa asuransi yang Anda pilih sudah tepat.

Lihat Prosedur Klaim

Faktor yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah prosedur pengajuan klaim ketika terjadi gangguan. Perhatikan lama waktu yang dibutuhkan untuk memberikan bantuan darurat ketika mobil mengalami kerusakan di tengah jalan atau lama pencairan dana untuk kasus kerusakan yang lebih berat.

Anda pun bisa mencari review dari nasabah sebelumnya untuk mendapatkan informasi terkait. perhatikan juga jumlah bengkel yang bekerjasama dengan pihak asuransi. Apakah bengkel tersebut cocok dengan Anda atau malah sebaliknya.

Sebagai perusahaan asuransi kendaraan yang telah berpengalaman, MSIG mampu memberikan Anda kenyamanan dan kepercayaan untuk melindungi aset yang Anda miliki dengan harga terjangkau. Berbagai penawaran bisa Anda pilih dengan bebas sesuai preferensi tanpa proses administrasi yang rumit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *