Begini Cara Urus Sendiri STNK Hilang

Alif Aisya – Kalo lagi apes pasti ada aja kejadian menimpa, tapi sepertinya yang paling bikin ribet dan pusing pastinya karena kehilangan apalagi kalo yang hilang surat penting kayak STNK misalnya. Apalagi ada stigma yang bilang kalo ngurus STNK Hilang itu ribet dan lama, pasti tambah pusing deh.

Yang pernah kena musibah kehilangan STNK pasti ngrasain kaya kehilangan jati diri, yaa kaya linglung gitu, mau kemana-mana pasti takut, takut ditilang maksudnya. Soalnyakan STNK adalah surat penting untuk menunjukkan kendaraan yang dipakai adalah milik sendiri.

stnk hilang

Nah bagi kalian yang sudang bingng cara mengurus STNK hilang, jangan dulu buru-buru menyerahkan urusan ini kecalo karena bisa membuat kantongmu bocor.

nah untuk membuat pengeluaran kamu jadi lebih minimalis sekaligus bisa belajar dan menambah penglaman kamu dalam mengurus kehilangan khususnya kehilangan STNK, yuk urus sendiri. Untuk memudahkan dan memberikan bayangan apasaja yang harus dilakukan dan apasaja syarat untuk mengurus pergantian STNK yang hilang, mari simak pembahasan dibawah ini.

Nah salah satu syarat utama dalam kepengurusan pergantian STNK yang hilang adalah surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Cara mendapatkannya juga gampang, kamu tinggal mendatangi polsek atau polres terdekat saat kamu sadar kehilangan STNK.

Dipolres atau polsek kamu tinggal minta surat keterangan kehilangan, membuatnya pun gak perlu waktu lama, paling Cuma memerlukan waktu 10-15 menit.

Setelah itu kamu tinggal siapkan berkas persyaratan pelengkap seperti:

  • KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan
  • Fotokopi dari STNK yang hilang (kalau ada)
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)

Setelah semua persyaratan disiapkan, langkah selanjutnya tinggal mendatangi kantor samsat. Saat disamsat ada beberapa prosedur yang harus dilakukan mulai dari:

  • Cek Fisik

Bawa kendaraanmu dan pergi ke Samsat terdekat rumahmu lalu segera ke loket cek fisik untuk kamu dapatkan blangkonya. Kamu ikuti saja prosedurnya di Samsat, memang lumayan lama prosesnya namun cek fisik ini gratis kamu hanya perlu membayar biaya fotokopi saja. Pengecekan ini bertujuan untuk menentuka karakteristik kendaraan kamu seprti warna, nomor kendaraan, nomor mesin, dan juga nomor rangka dan setelah itu akan dibuatkan suratnya oleh Samsat.

  • Isi beberapa formulir

Segera ke loket STNK dan minta formulir untuk kamu isi dengan lengkap dan berikan beserta kelengkapan persyaratan di atas.

  • Cek blokir kendaraan

Caranya kamu bawa hasil cek fisik dan lakukan cek blokir untuk memastikan bahwa kendaraan kamu tidak sedang dalam pencarian seperti kendaraan curian.

  • Pembuatan STNK baru

Setelah kamu berpindah-pindah loket untuk mengurus cek fisik, cek blokir, dan ngisi formulir-formulir akhirnya kamu bisa urus pembuatan STNK baru di Loket Bea Balik Nama II. Disini kamu harus memberi semua berkas dan surat keterangan hilang.

  • Bayar

Langkah terakhir tinggal membatar biasaya pembuatan STNK baru di loket pembayaran. Tarif STNK hilang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 mengenai PNBP adalah: Kendaraan dua Rp50.000 & Kendaraan roda empat adalah Rp Rp75.000

Nah cukup mudahkan proses pengurusan STNK hilang bila dikerjakan sendiri, selain bisa mendapatkan pengalaman mengurus kehilangan STNK sendiri juga bisa meminamilisir pengeluran, dari pada menggunakan jasa calo.

Selain itu sebagai cara pencegahan sebaiknya membuat copy setiap arsip yang dipunya untuk jaga-jaga kalau hilang dan memudahkan kita untuk mengurusnya kelak. Jangan lupa juga selalu cek pajak kendaraan kamu secara berkala untuk segera perpanjang STNK kamu sebelum terlambat kalau gak mau ditilang sama pak polisi terus bayar mahal karena sekarang kamu sudah bisa cek STNK online. Selain itu kamu juga bisa memperpanjang SIM secara online. Sangat memudahkan bukan!!!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *