6 Pilihan Kerja Sampingan yang Tidak Menyita Waktu

Alif Aisya – Memenuhi kebutuhan finansial pastinya membuat setiap orang diwajibkan untuk bekerja. Tidak heran apabila kemudian kerja sampingan menjadi pilihan banyak orang sekarang ini. Namun kendala utama dari memilih pekerjaan jenis ini adalah waktu yang seringkali tersita. Untungnya, ada 6 pilihan jenis kerja ini yang tidak terlalu menyita banyak waktu seperti berikut ini.

kerja sampingan

1. Menjadi Penulis Lepas

Pilihan pekerjaan pertama yang bisa dijadikan pertimbangan oleh Anda adalah menjadi penulis lepas. Bahkan bisa dibilang, pilihan pekerjaan yang satu ini mulai dilirik oleh banyak orang-orang akhir ini. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari pekerjaan yang menjanjikan pendapatan yang lumayan dan yang terpenting kebebasan mengatur waktu.

Seperti namanya, penulis lepas tidak terikat dengan sebuah perusahaan dan pastinya Anda bebas menentukan mana proyek yang ingin diambil. Dengan kebebasan tersebut pastinya akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan waktunya sendiri. Selain itu, dengan menjadi penulis lepas juga semakin memudahkan Anda dalam mengatur pendapatan yang ingin didapatkan.

2. Menjadi Fotografer Lepas

Bukan hanya penulis lepas, menjadi fotografer lepas juga bisa dijadikan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin memiliki kebebasan waktu. Soalnya pekerjaan dari fotografer lepas ini tentunya tergantung dari setiap proyek yang diambil. Mulai dari proyek pernikahan, proyek wisuda, proyek perusahaan hingga banyak proyek-proyek yang lainnya yang membutuhkan jasa Anda.

Hanya saja apabila Anda memang memilih profesi sampingan yang satu ini maka pastikan terlebih dulu bahwa kemampuan yang dimiliki sudah memadai. Bukan tanpa alasan karena kemampuan dalam fotografi bukanlah kemampuan yang sembarangan. Jadi sebelum terjun dalam bidang ini, tidak ada salahnya untuk melengkapi portofolio Anda terlebih dulu.

3. Menjadi Pembawa Acara

Pilihan kerja sampingan berikutnya yang juga tidak terlalu menyita waktu Anda adalah dengan menjadi pembawa acara. Bahkan bisa dibilang pilihan profesi yang satu ini sangat cocok menjadi pilihan bagi Anda yang suka berbicara dan juga pintar dalam menghidupkan suasana. Apalagi pekerjaan yang satu ini juga memberikan kebebasan bagi Anda dalam menentukan waktunya.

Soalnya pekerjaan sebagai pembawa acara memang tidak memiliki proyek setiap harinya. Bahkan seringkali job dari profesi yang satu ini paling sering ada di akhir pekan yakni sabtu atau minggu. Jadi dengan jadwal yang bisa disesuaikan tersebut pastinya akan lebih mudah bagi Anda untuk menyesuaikan waktu dan memilih pekerjaan mana yang memang ingin diambil.

4. Menjadi Pengasuh Anak

Bagi Anda yang memiliki bakat dalam mengatur hingga mengasuh anak kecil maka menjadi pengasuh anak adalah pilihan profesi sampingan yang tepat. Hanya saja karena Anda akan menjadikannya sebagai profesi sampingan maka pilih pekerjaan mengasuh anak yang dilakukan di akhir pekan. Supaya di hari lainnya masih bisa digunakan untuk pekerjaan utama.

5. Menjual Kerajinan Seni

Memiliki keterampilan tangan dalam membuat karya seni adalah sebuah bakat yang tidak boleh Anda sia-siakan begitu saja. Salah satu cara memanfaatkannya adalah dengan menjual kerajinan seni tersebut. Mulai dari rajutan hingga kerajinan kayu sekarang ini memiliki banyak peminatnya. Anda juga bisa mengandalkan internet untuk bisa menjualnya.

6. Jasa Servis Komputer

Profesi sampingan terakhir yang bisa dijadikan oleh Anda adalah jasa servis komputer yang satu ini. Soalnya pekerjaan ini bisa diatur sendiri waktunya oleh Anda dan Anda juga bebas dalam memilih mana pekerjaan yang ingin diambil. Hanya saja pastikan Anda sudah memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang komputer satu ini.

Dengan semua pilihan kerja sampingan yang tidak menghabiskan banyak waktu seperti di atas tentunya tidak lagi membuat bingung. Terutama bagi Anda yang sudah memiliki pekerjaan utama dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan yang tidak terlalu menyita waktu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *