6 Olahraga Yang Cocok Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Alif Aisya – Sebelum kalian mulai berolahraga, ingatlah bahwa penting untuk berbicara dengan dokter kandungan kalian. Jika kalian sudah berolahraga, kalian mungkin akan dapat melanjutkan rutinitas kalian dan menyesuaikannya seiring dengan perkembangan kehamilan kalian. Olahraga dan kehamilan biasanya bekerja sama dengan baik, hamil bukanlah alasan untuk tidak melakukan olahraga sama sekali. Justru olahraga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, tetapi olahraga yang dilakukan bukanlah olahraga yang berat-bera, disini kami akan memberitahukan kepada kalian olahraga yang Direkomendasikan Selama Kehamilan:

ibu hamil

1. Senam kegel

Wanita hamil yang melakukan latihan Kegel sering merasa memiliki kelahiran yang lebih mudah. senam kegel ini Memperkuat otot-otot selama kehamilan yang dapat membantu kalian mengembangkan kemampuan untuk mengontrol otot-otot kalian selama persalinan dan melahirkan. Mengencangkan semua otot ini juga akan meminimalkan dua masalah umum selama kehamilan: kebocoran kandung kemih dan wasir. Latihan kegel juga dianjurkan setelah kehamilan untuk meningkatkan penyembuhan perineum, mendapatkan kembali kontrol kandung kemih, dan memperkuat otot-otot dasar panggul. Latihan kegel dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

2. Renang

Banyak penyedia layanan kesehatan dan profesional kebugaran mengatakan bahwa berenang adalah olahraga yang paling aman bagi wanita hamil. Berenang membuat tubuh kalian kencang tanpa menambah beban dan stres pada persendian kalian. Berenang meningkatkan denyut jantung kalian dan memungkinkan kalian untuk melakukan latihan kardiovaskular yang aman yang tidak menyebabkan panas berlebih. Manfaat lain berenang selama kehamilan yaitu mencegah terjadinya jatuh pada ibu hamil. Selama kehamilan, keseimbangan kalian menjadi lebih rentan dikhawatirkan kalian tersandung atau jatuh. Olahraga berenang sangat minim terjadinya hal tersebut (setidaknya kalian berada di kolam renang). Meskipun berenang adalah olahraga air, tidak semua olahraga air aman selama kehamilan. Anda harus menghindari kegiatan air lainnya seperti selam scuba atau ski air.

3. Berjalan

Berjalan sangat bermanfaat karena aman bagi ibu hamil. Mulailah perlahan dan pastikan kalian melakukan peregangan dengan baik sebelum memulai. Kenakan sepatu yang nyamana digunakan untuk olahraga untuk mengurangi risiko jatuh atau tekanan pada kaki kaki kalian

4. Lari & Jogging

Ibu hamil memang tidak diperbolehkan untuk melakukan olahraga yang berat pada masa kehamilan, untuk itu jika kalian ingin melakukan olahraga lari sebaiknya kalian konsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan kalian sebelum melakukan olahraga yang satu ini dan jika kandungan kalian kuat dan kalian tidak dipermasalahkan untuk olahraga lari ataupun jogging pastikan kalian terhidrasi dengan baik dan kalian harus  menghindari terkena cahaya matahari berlebihan, dan jangan lupa untuk selalu mengenakan sepatu yang cocok dengan lari dan yang pastinya nyaman untuk digunakan. Dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati

5. Bersepedah

Sepedah adalah salah satu olahraga yang cocok dilakukan oleh wanita yang sedang hamil karena dapat mengurangi stres pada tubuh kalian. Sepeda statis adalah latihan yang bagus karena risiko jatuh rendah. Saat kalian sedang hamil, pusat gravitasi kalian bergeser sehingga kalian berisiko lebih tinggi untuk jatuh. Saat perut kalian mulai membesar, itu bisa membuat banyak tekanan di punggung kalian. Mulai dengan perlahan dan jangan pernah untuk memaksakan diri.

6. Yoga

Yoga adalah salah asatu olahraga yang dapat menghilangkan stres dan tekanan pada tubuh kalian. Sebagian besar jenis yoga akan aman untuk kalian dan bayi kalian, asalkan tidak terlalu berat gerakannya. Beberapa instruktur yoga menawarkan kelas khusus untuk wanita hamil. Hindari berbaring telentang untuk waktu yang lama dan cobalah untuk tidak meregang tubuh secara berlebihan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *