5 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Berkilau

Alif Aisya – Wanita selalu ingin tampil cantik dalam setiap kesempatan. Dari kepala hingga ujung kaki penampilan benar-benar diperhatikan. Ya, rambut pun harus dipastikan bersih dan sehat agar penampilan semakin fresh. Pada dasarnya cara merawat rambut tidaklah sulit. Akan tetapi untuk bisa rajin dan telaten lah yang seringkali menjadi kendala tersendiri.

Kalau punya waktu luang, mungkin sesekali bisa menyempatkan diri untuk ke salon guna melakukan perawatan rambut. Tapi jika kamu sudah dihadapkan pada aktivitas yang padat, kadang mandi pun ala kadarnya. Alhasil mencuci rambut juga kurang maksimal bersihnya. Jika ini terus berulang, bukan tidak mungkin rambut akan mulai mengalami kerusakan.

cara merawat rambut

Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Layaknya tubuh yang harus senantiasa diberi asupan nutrisi yang tepat, rambut juga membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan berkilau. Lebih dari itu juga diperlukan perawatan yang tepat supaya rambut terhindar dari kerusakan. Berikut cara merawat rambut yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Menyisir rambut dengan benar

Saking terburu-burunya berangkat kuliah atau bekerja membuat kamu tergesa-gesa ketika menyisir rambut. Padahal yang demikian menjadikan rambut tertarik-tarik. Jadi mulai hari ini sisirlah rambut dengan benar dan pelan. Sisir bagian ujung terlebih dulu lalu bagian atasnya. Perlu diketahui bahwa menyisir rambut dari atas justru membuat rambut rentan patah dan rontok. Jadi pastikan menyisir rambut dari bagian ujung bawah ya!

2. Jangan sisir rambut ketika basah

Selain harus menyisir rambut dengan perlahan dan dimulai dari ujung bawah, kamu juga tidak disarankan untuk menyisir rambut ketika rambut masih dalam kondisi basah. Rambut yang basah menjadi menyatu sama lain dan jika dipaksa disisir justru membuatnya kusut sehingga mudah rontok dan patah. Tunggu rambut hingga kering alami, lalu setelahnya bisa disisir seperti biasa.

3. Mencuci rambut dengan air dingin

Mencuci rambut dengan air dingin lebih disarankan dibandingkan menggunakan air hangat. Hal ini karena air dingin mampu membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah rambut rontok. Selain itu, akar rambut akan lebih kuat sehingga bisa menjaga kelembutan dan rambut tetap berkilau.

4. Gunakan produk yang tepat

Kini banyak sekali produk perawatan rambut yang dijual di pasaran. Setiap merk menawarkan kualitas terbaiknya. Akan tetapi, kamu tidak boleh sembarangan membeli dan menggunakan produk tersebut. Kenali dulu jenis kulit kepala dan rambut kamu agar bisa memilih produk yang sesuai. Penggunaan produk yang tepat akan membantu menjaga kesehatan rambut sehingga terhindar dari ketombe, rambut kering, rambut rontok, dan lainnya.

5. Jangan gosok rambut dengan handuk

Mungkin selama ini kamu terbiasa mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya dengan handuk. Padahal yang demikian malah membuat rambut mudah rusak. Rambut yang basah dan digosok-gosok akan mudah rontok dan patah. Jadi, untuk mengeringkan rambut sebaiknya rambut dibungkus dengan handuk. Hindari juga penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut karena ini membuat rambut menjadi kering (kering yang tidak sehat).

Demikianlah 5 cara merawat rambut yang bisa kamu aplikasikan untuk menjaga kesehatan rambut. Jangan tunggu rambut mengalami kerusakan baru menerapkan cara perawatan rambut yang benar. Bukankah rambut adalah mahkota wanita? Jadi biasakanlah diri untuk selalu merawat rambut dengan benar agar nantinya rambut tetap sehat dan berkilau. Rambut yang sehat dan berkilau dapat menunjang penampilan kamu sehingga kamu lebih percaya diri ketika beraktivitas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *